Youth Mining Camp Competition

Tanggal 30 Januari 2017 sampai dengan 6 Januari 2017 telah berlangsung Youth Mining Camp Competition yang merupakan ajang perlombaan dua tahun sekali oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta.Dalam ajang ini semua universitas di seluruh Indonesia boleh mengikuti perlombaan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada.

ymcc 2

Tahun ini ada 9 universitas yang ada di seluruh Indonesia yang mengikuti ajang ini yaitu Universitas Pejuang Republik Indonesia Makassar, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, STTNAS, Universitas Trisakti, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Bandung dan Universitas Syiah Kuala.

Dan mereka memiliki nama tim yang unik yaitu Universitas Pejuang Republik Indonesia Makassar dengan nama Tim Titanium, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dengan nama Tim Inferno, Institut Teknologi Bandung dengan nama Tim HMT – ERINYES, STTNAS dengan nama Tim Supergen, Universitas Trisakti dengan nama Tim TNT, Universitas Muslim Indonesia dengan nama Tim AL-MUHANDIS HMTP, Universitas Hasanuddin dengan nama Tim Phinisi UNHAS, Univesitas Bandung dengan nama Tim Banana Mine dan terakhir Universitas Syiah Kuala dengan nama Tim Chakra Donya. Youth Mining Camp Competition yang diikuti 72 mahasiswa ini diketuai oleh Cahyo Tri Laksono dan wakilnya Karel Lutan Warda. Kepanitiaan dalam ajang lomba ini terdiri dari 4 angkatan yaitu 2013, 2014, 2015 dan 2016. Kegiatan ini digelar di dua lokasi yang berbeda yaitu Kampus 1 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan

Desa Gunung Gajah Kecamatan Bayat, Klaten Jawa Tengah

Tanggal 30 Januari 2017, para player mengikuti Opening Ceremony di Ruang Seminar FTM UPN “Veteran” Ypgyakarta. Ibu Ir. Wawong Dwi Ratminah, MT dan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta Fraditya Bayu Permadi memberikan sam-butan pada awal acara. Setelah itu para player akan melaksanakan perlom-baan yang pertama yaitu Written Test.

Tanggal 31 Januari 2017 para player berpindah tempat ke Desa Gunung Gajah Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Disinilah perlombaan akan dimulai dengan 9 mata lomba yaitu Hand Mucking, Hand Crushing, Tie In, Bench Blasting, Joint Measuring, Rock ID, Mapping, Panning dan Bangka Bor. Beberapa cabang mata lomba ini untuk menguji kemampuan mahasiswaTeknik Pertambangan.

 

 

ymcc 1

Selain itu sebagai ajang silaturahmi dan berbagi ilmu pengetahuan antar universitas seluruh Indonesia mengenai ilmu Pertambangan.
Youth Mining Camp Competition ini juga sempat diliput dalam Koran Kedaulatan Rakyat edisi 2 Februari 2017.
Perlombaan ini berlangsung dari tanggal 31 Januari 2017 sampai 3 Februari 2017 di pedesaan ini. Tanggal 3 Februari siang para player kembali ke Kota Yogyakarta. Mereka menikmati wisata keramik di Desa Pagerjurang

Bayat, Klaten. Tidak hanya satu tempat, para player juga mengunjungi Objek Wisata Taman Sari. Dan berakhir di Hotel MM UGM. Mereka juga akan menjalanI Awarding Night di Lobby MM UGM. Malam Penutupan Youth Mining Camp Competition tersebut berlangsung sangat meriah dan para dosen juga ikut datang memeriahkan acara ini. Setelah dilakukan perhitungan, akhirnya diperoleh Juara 1 Umum yang diraih oleh Tim Inferno dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta sedangkan Juara 2 Umum diraih oleh Tim Supergen dari STTNAS Yogyakarta dan Juara 3 Umum diraih oleh Tim TNT dari Universitas Trisakti.

ymcc 3ymcc 4ymmc 5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>